Dongeng Legenda - Asal Usul Karapan Sapi

Dongeng Legenda - Asal Usul Karapan Sapi


Cerita legenda asal usul karapan sapi di Pulau Madura. Yuk adik-adik yang baik kita langsung saja baca cerita nya...

Pada suatu hari, Raja Sumenep sedang mengadakan peninjauan kesebuah desa. Didalam desa tersebut, Ia tidak sengaja melihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya dengan ditarik oleh sapi.

dongeng asal usul karapan sapi
dongeng rakyat

Sang Raja Sumenep pun berhenti dan sangat tertarik sekali ingin merasakan naik diatasnya, seperti petani itu yang naik gerobak yang ditarik oleh sapi.

Kemudian Raja Sumenep pun mencobanya, dan setelah ia mencobanya ternyata Ia sangat senang. Tapi Raja Sumenep tidak tahu cara mengendalikan sapi yang menariknya. Dan Ia pun bertanya kepada si Petani dan mempelajari cara mengendalikan sapi.

Setelah mempelajari cara mengendalikan sapi, Raja Sumenep pun mendapatkan ide, sebenarnya bila sapi tidak dibebani oleh bajak, mungkin sapi itu dapat berlari dengan cepat. Nah, bagaimana kalau sepasang sapi itu diberi alat seperti orang sedang membajak sawah. Akan tetapi yang dihilangkan adalah bajaknya, setelh itu diberi pijakan kaki untuk tempat berdiri pengendaranya, Pikir Raja Sumenep.

Raja Sumenep pun mencoba membuat sesuatu dari idenya tadi. Dan ternyata, sebuah pertunjukan yang sangat menyenangkan.

Kemudian Sang Raja pun memperkenalkan kegiatan itu kepada para prajurit-prajuritnya. Dan ternyata mereka pun sangat menikmatinya.

Dihari selanjutnya, Sang Raja mengumpulkan penduduk dan para pengawalnya. Didepan penduduk yang sudah berkumpul Sang Raja berkata, "Kita tidak harus bekerja ditanah garapan terus menerus, kita juga perlu hiburan. Setelah semua pekerjaan selesai, tidak ada salahnya kita melakukan permainan karapan sapi,"

Pada akhirnya permainnan itu dikenal dengan nama Karapan Sapi yang artinya mengelola tanah atau membajak tanah.

Dan permainan karapan sapi itu masih bisa kita lihat sampai sekarang dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Madura.



Baca Juga Artikel Terkait Lainnya: